BLANGDHOD.DESA.ID – Pedagang musiman memotong daging sapi yang dijajakan pada hari tradisi pemotongan hewan (meugang) Aceh di Gampong Blang Dhod, Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie, Aceh Sabtu (24/6/2017). Masyarakat Gampong Blang Dhod merayakan tradisi meugang dengan menu utama masakan daging dalam setahun tiga kali yakni menyambut bulan Ramadan, jelang Idul Fitri dan jelang Idul Adha.

M. Isa, warga Gampong Blang Dhod mengatakan, pada hari meugang setiap kepala keluarga merasa wajib membawa pulang daging untuk keluarga meski hanya satu kilogram.

Meski harga daging sekarang sampai Rp170 ribu per kilogram, namun masyarakat Blang Dhod tetap antusias membelinya untuk kebutuhan meugang.

Pasar-pasar yang digelar “musiman” ini penuh. Para pedagang daging yang sudah mulai berjualan usai shalat subuh kebanyakan sudah menjual habis seluruh barang dagangannya pada pukul 10.00.

Biasanya warga menghidangkan rendang, sop, atau tumis daging saat meugang.

“Bahagia rasanya bisa berkumpul dan makan bersama keluarga saat meugang memasuki hari Raya Idul Fitri,” kata Nursiyah, seorang ibu rumah tangga.

 

%d blogger menyukai ini: