BLANGDHOD.DESA.ID | SIGLI – Pengurus Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Bukit Indah Gampong Blang Dhod melakukan diskusi tentang produk bubuk kopi yang diproduksi oleh Unit Usaha BUMG dengan Sekretaris Daerah H. Amiruddin, SE, M.Si, Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Pidie Drs. Yusri juga didampingi Ketua Komisi E DPRK Khairil Syahrial, dan difasilitasi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Kabupaten Pidie Drs. Zulfikar Yacob, MM. Pada Sabtu (20/05/2017).

Khaidar Aswan salah satu pengurus BUMG menceritakan bahwa bubuk kopi yang diproduksi oleh BUMG Gampong Blang dhod mempunyai dua varian rasa yaitu rasa Kopi Robusta dan Liberika yang sudah diproses melalui Roasting.

Sekretaris Gampong Blang Dhod Eddy Azhari menambahkan selain untuk menambah Pendapatan Asli Gampong (PAG) juga sebagai produk unggulan Tangse dan Pidie, dimana Kopi Tangse Sudah dikenal semenjak Abab ke-19 yang dibawa oleh Belanda.

Sampai saat ini belum ada produk kopi Tangse dalam kemasan. Kebiasaan masyarakat Tangse menjual kopi Mentah ke pasaran kini BUMG Gampong Blang Dhod sudah memproduksi bubuk kopi dalam kemasan 250 gram dan 100 gram.

Kepala DPMG Drs. Zulfikar Yacob, MM. sangat mengapresiasi BUMG Gampong Blang Dhod, ini menjadi pilot project untuk BUMG yang ada di Kabupaten Pidie supaya bisa mengelola potensi gampong dan mengerakkan roda perekonomian gampong. Sekretaris Daerah Kabupaten Pidie H. Amiruddin menyebutkan Kopi Tangse bukan hanya produk unggulan gampong tapi juga produk unggulan kabupaten dan sangat mendukung atas inisiatif BUMG Gampong Blang dhod atas pengelolaan potensi gampong dan siap memberikan ruang promosi melalui baliho yang ada di Kota Sigli.

Politisi muda yang juga Ketua Komisi E DPRK Pidie Khairil Syahrial, mengharapkan kepada pengurus Bumg supaya ini harus dikelola dengan serius dan mutu harus tetap terjaga, Beliau siap mendirikan warung Kupi Tangse di Kota Sigli dan mobil keliling Kupi Tangse. Pada tahun 2015 Khairil Syahrial juga sudah membatu petani kopi di Gampong Blang dhod dengan membuka jalan terobosan yang menembus ke Kebun Kopi.

%d blogger menyukai ini: