Setifikat P-IRT

BLANGDHOD.DESA.ID – Apakah P-IRT? P-IRT adalah singkatan dari Produksi Pangan Industri Rumah Tangga. P-IRT merupakan nomer izin yang harus dicantumkan di kemasan produk olahan makanan yang akan diedarkan kepada masyarakat. P-IRT merupakan produk pangan yang dihasilkan skala industri rumah tangga.

Produksi bubuk kopi Tangse yang digagas Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Bukit Indah Gampong Blang Dhod saat ini telah memperoleh sertifikat P-IRT No. 2101109070047-22 yang dikeluarkan di Sigli oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie pada Rabu (1/11/2017).

Direktur BUMG Blang Dhod, Hamdani mengatakan, “dengan adanya label izin itu menjadi daya tarik orang, apalagi konsumen saat ini sudah cerdas, mereka tau kalau produk yang sudah berlabel PIRT adalah makanan yang sehat dan higienis,” ungkapnya. Bila PIRT diperoleh maka pemasaran produk bisa makin diperluas, imbuh Hamdani. Misalnya kata dia ke pasar modern baik minimarket maupun supermarket.

Hal ini dikarenakan produk Kupi Tangse “Halimon” telah memenuhi persyaratan sertifikasi produksi pangan industri rumah tangga (SPP-IRT) berdasarkan surat keputusan Kepala BPOM RI. Yang penyuluhannya dilaksanakan pada (28/10/2017) oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie.

%d blogger menyukai ini: