BLANGDHOD.DESA.ID | Banda Aceh – Gampong Blang Dhod Kecamatan Tangse mengikuti Lomba Gampong Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2017 yang mewakili Kabupaten Pidie. Perlombaan ini bertujuan untuk Mengevaluasi tingkat perkembangan gampong selama dua tahun terakhir yaitu Tahun 2015 dan 2017. Kriteria penilaian diantaranya kelembagaan, pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan, ini merupakan 3 indikator penting dalam penilaian Lomba Gampong.

Rangkaian penilaian Perlombaan Gampong tingkat Provinsi Tahun 2017 meliputi Penilaian Administrasi, Penilaian Lapangan dan Pemaparan Keuchik dihadapan Tim Penilai, berdasarkan hasil akumulasi penilaian tersebut, Gampong yang terpilih menjadi Juara I Perlombaan Gampong Tingkat Provinsi dikirim sebagai peserta Temu Karya Nasional di Jakarta.

Dalam Penilaian lomba Gampong tahap akhir, selasa (16/05/2017) di Aula Gedung DPMG Provinsi Aceh, Banda Aceh. Keuchik Gampong Blang Dhod Ismail Ibrahim dihadapan tim penilai didampingi Perwakilan dari DPMG Kabupaten Pidie yaitu Kabid Pemerintahan dan Pembangunan Mukim dan Gampong Bapak Munandar, S.STP, M.Si, Camat Tangse Bapak Ir. Jakfar, Ibu PKK Kecamatan Tangse Ny. Cut Darmawati, unsur Tuha Peut Gampong Blang Dhod Bapak Hamdani, dan Ibu PKK Gampong Blang Dhod Ny. Nuraini Yusuf, telah memaparkan pembangunan-pembangunan yang sudah dicapai selama 2 tahun terakhir. Dalam paparannya tentang lembaga kemasyarakatan, Keuchik Gampong Blang Dhod menyampaikan ada dua Lembaga Kemasyarakatan yang unggul yaitu, Gampong Siaga dan Badan Amil Zakat, Infaq, dan Sadaqah (BAZIS).

Gampong Siaga pada awal pembentukannya telah menggagas Donor Darah, Bank Darah Desa, Bakti Sosial dan Tanggap Darurat bencana, dalam paparannya juga menampilkan kartu Bank Darah dan Peta Rawan Bencana. Sedangkan BAZIS merupakan suatu lembaga konsentrasi pada pengumpulan zakat dari masyarakat dan disalurkan kepada fakir dan miskin yang ada di wilayah Gampong Blang Dhod, dari data 2 tahun terakhir zakat yang terkumpul dari masyarakat terjadi kenaikan yang signifikan dengan persentase 114%, pada Tahun 2015 terkumpul Rp13.000.000 sedangkan pada Tahun 2016 Rp27.860.000.

Paparan tentang potensi-potensi unggulan, Keuchik Gampong Blang Dhod menampilkan hasil perkebunan masyarakat seperti kopi, durian, kakao, dan pinang. Salah satu komoditi unggulan Gampong Blang Dhod adalah produk bubuk kopi siap saji melalui proses roasting yang modern, dan telah diproduksi oleh salah satu unit usaha BUMG Bukit Indah Gampong Blang Dhod, yang memiliki 2 jenis kopi yaitu Robusta dan Liberika, disamping menciptakan lapangan kerja, juga sebagai salah satu Pendapatan Asli Gampong (PAG) yang berguna bagi kesejahteraan masyarakat. Sebagai suatu nilai positif penunjang supaya Gampong Blang Dhod menjadi juara pertama Lomba Gampong Tingkat Provinsi Aceh.

Keunggulan lain yang dipaparkan Keuchik yaitu Gampong Blang Dhod sudah mengembangkan Sistem Informasi Desa sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, yang mewajibkan setiap Gampong memiliki jaringan informasi/website untuk menjamin terjadinya keterbukaan informasi, seperti transparansi Dana Gampong dan Program Pemerintahan Gampong kepada masyarakat.

%d blogger menyukai ini: