Rakornas Program Pembinaan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Pusat dan Daerah Tahun 2018.

Jakarta – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Rakornas Program Pembinaan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Pusat dan Daerah Tahun 2018. Acara ini bekerja sama dengan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Acara digelar di Jakarta Internasional Expo Kemayoran, Jakarta Pusat. Tema yang diangkat adalah ‘Peningkatan Kapasitas Pemerintah Desa dan Penguatan Padat Karya Tunai dalam Upaya Pengentasan Kemiskinan’.

Dalam laporannya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengungkapkan acara ini dihadiri 7.200 Kepala Desa Terpilih. Acara ini sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas aparatur desa.

“Kepada Bapak presiden kami melaporkan, hadir di tengah-tengah bapak, 7.200 kepala desa terpilih. Acara ini kerjasama dengan Kemendes PDTT dan Kemendagri dalam upaya peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa,” ujar Tjahjo, di JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (14/5/2018).

Tjahjo mengatakan, seluruh peserta yang terdiri dari aparatur pemerintah desa, pejabat di lingkungan Kemendagri, serta para pejabat daerah ini siap mengikuti arahan Jokowi. Khususnya dalam kaitannya dengan Pemanfaatan Dana Desa.

“Bantuan dana desa itu merupakan upaya keinginan bapak presiden kita. Agar Pemerintahan Desa bisa maju,” kata Tjahjo.

Sebelum menutup laporannya, Tjahjo meminta seluruh peserta untuk meneriakkan yel-yel ‘Desa Maju, Mandiri dan Sejahtera’.Hadir dalam acara ini Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo, Mensesneg Pratikno. Dijadwalkan hadir sebagai narasumber yakni Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani , Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Direktur BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto.

Salah satu desa yang terpilih dari Kabupaten Pidie adalah Gampong Blang Dhod yang dihadiri oleh Keuchik Ismail Ibrahim dan Sekretaris Gampong Eddy Azhari.

sumber: detik.com

%d blogger menyukai ini: