BLANGDHOD.DESA.ID – Gampong Blang Dhod Terletak pada ketinggian 700-800 mdpl, kawasan yang sejuk, indah, subur, kaya akan flora dan fauna sehingga menjadikan gampong ini berpotensi dalam bidang perkebunan dan pertanian. Kopi adalah salah satu komoditi unggulan pada sektor perkebunan yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, kopi robusta Tangse sudah dikenal semenjak era tanam paksa masa penjajahan Belanda.

Kebiasaan masyarakat yang langsung menjual kopi mentah ke pasar atau tengkulak. Padahal kita ketahui bahwa nilai jual kopi biji lebih rendah daripada kopi olahan bermerek. Peluang inilah yang dilihat Pemerintah Gampong Blang Dhod, Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie. Gampong ini sudah memproduksi kopi yang terbuat dari kopi pilihan melalui unit usaha BUMG Bukit Indah Gampong Blang Dhod, dengan merk “Kupi Tangse” Minggu (23/04).

Menurut Hamdani, Ketua Badan Usaha Milik Gampong(BUMG) Bukit Indah, ide menjual produk kopi bernama Kupi Tangse, adalah Tangse sudah dikenal dengan kopi robustanya namun belum ada kopi dalam bentuk kemasan yang eksklusif untuk dipasarkan, disamping itu juga untuk menyerap tenaga kerja lokal dan menambah Pendapatan Asli Gampong (PAG).

%d blogger menyukai ini: