Tanaman Kopi jenis Liberika yang terdapat di kawasan Tangse

BLANGDHOD.DESA.ID – Liberika adalah jenis kopi yang dihasilkan oleh tanaman spesies Coffea liberica. Kopi ini disebut-sebut berasal dari tanaman kopi liar di daerah Liberia. Padahal sebenarnya ditemukan juga tumbuh secara liar di daerah Afrika lainnya.

Kopi liberika dibawa oleh bangsa Belanda ke Indonesia pada abad ke-19. Termasuk ke Wilayah Tangse Aceh Pidie, kini Kopi jenis Liberika dan Robusta menjadi produk unggulan masyarakat Gampong Blang Dhod, Tangse.  Pada umumnya, Kopi Liberika masyarakat Tangse diberi nama Kupi Panah,  di Aceh Tengah biasa disebut Kopi Nangka dikarenakan setelah melakukan proses roasting kopi ini akan mengeluarkan aroma nangka. Secara fisik Kopi Liberika hampir mirip dengan Pohon Nangka, memiliki batang yang besar daun tebal dan lebar.

Kebiasan masyarakat Gampong menjual kopi mentah ke pasaran, sehingga terlihat peluang oleh Pemerintahan Gampong Blang Dhod untuk menjadikan suatu produk kemasan kopi, kini BUMG Bukit Indah Gampong Blang Dhod Telah memproduksi bubuk kopi siap saji dengan label ‘KUPI TANGSE HALIMON’ melalui proses ROASTING yang memiliki dua pilihan rasa yaitu Bubuk Kopi Liberika Tangse dan Robusta Tangse, original quality. Untuk Pemesanan selengkapnya bisa menghubungi 081269009504.

 

%d blogger menyukai ini: