BLANGDHOD.DESA.ID – Masyarakat Gampong Blang Dhod berbondong-bondong memadati meunasah gampong tersebut guna memeriksa golongan darahnya Selasa (6/12). Kegiatan tersebut adalah pembentukan data bank darah desa rangkaian dari kegiatan pembentukan Gampong Siaga.

Ketua Gampong siaga Blang dhod Hamdani menuturkan bahwa luasnya wilayah serta besarnya jumlah penduduk adalah salah satu Kendala. Mayoritas Profesi penduduk sebagai petani juga perlu disiasati agar dapat berpartisipasi. Hamdani juga menceritakan bahwa di Gampong Blang Dhod sebenarnya sudah terbentuk kepengurusan Gampong Siaga Bencana Yang Menangani Bidang Kebencanaan namun melihat luasnya jangkauan dari gampong siaga ini kepengurusan Gampong Siaga Bencana dijadikan sebuah divisi dalam kepengurusan gampong siaga.

Keuchik gampong Blang Dhod Ismail Ibrahim mengatakan bahwa diharapkan dengan terbentuknya bank darah gampong ini bisa meringankan kesulitan masyarakat ketika membutuhkan darah serta rasa kepedulian sesama.

Eddy Azhari, sekretaris gampong Blang Dhod menambahkan bahwa kegiatan ini adalah hasil dari kesepakatan seluruh masyarakat gampong dalam suatu musyawarah untuk membentuk gampong siaga. Pembentukan data bank darah gampong ini adalah kegiatan awal untuk selanjutnya akan di galakkan jumat bersih dan program jamban sehat.

Kepala Puskesmas Tangse, Faisal,SKM yang turut hadir pada acara tersebut tampak takjub melihat partisipasi masyarakat. Walaupun dalam guyuran hujan warga tampak antusias memeriksakan golongan darahnya. Faisal mengatakan prinsip dari gampong siaga adalah terbentuknya suatu struktur yang memfasilitasikan masyarakat dalam hal kesehatan dengan prinsip dari, untuk, dan oleh masyarakat. Diharapkan masyarakat lebih tanggap dalam hal mencegah sakit dan memelihara kesehatan.

%d blogger menyukai ini: